Jalan-jalan ditengah menumpuknya tugas

Berhubung tugas-tugas dah mulai banyak (tiap minggu ada 3-4 tugas) dan berhubung serial heroes sudah mulai jalan kembali..jadinya susah banget ngeluangin waktu untuk nulis di blog ini..

Sebenernya walaupun tugas dah mulai numpuk dari beberapa minggu yang lalu, cuma untuk urusan jalan-jalan itu bukan hambatan..hehehe…jadi harus bertanya ulang nih tujuan datang ke sini tuk belajar apa tuk jalan-jalan…dalam minggu kemaren saya jalan-jalan ke tiga tempat yang berbeda (Taipe 101, Ciang Kai Sek memorial hall, National pPalace Museum)…

Hari jumat (10-10-2008 ) yang adalah hari libur di taiwan (hari kelahiran negara taiwan, mereka ga mau nyebut hari kemerdekaan negaranya mungkin karena belum merdeka kali ya), pagi-paginya saya berdua dengan joni olahraga pagi naek sepeda ke Taipe 101. Ternyata cukup dekat jaraknya dari NTUST ke Taipe 101, cuma 18 menit naek sepeda. Walupun cuma jalan-jalan dan foto-foto dibawah Taipe101, ga naek ke atas towernya tapi seenggaknya saya sudah pernah ke Taipe101..mungkin kalo naek ke atasnya mending tunggu acara “Taipe101 run-up” aja deh..biar gratis…hehehe..

Besoknya, hari sabtu (11-10-2008), ada jalan2 bareng anak-anak international NTUST yang dibayarin oleh NTUSTnya…Jalan-jalan ke dua tempat yaitu: Ciang Kai Sek Memorial Hall dan National Palace Museum. Di Ciang Kai Sek Memorial Hall itu ga terlalu menarik sih cuma ada patung besar presiden pertama taiwan Ciang Kai Sek, yang membuat tempat ini sedikit menarik adalah arsitekturalnya, serasa ada di cina banget…(hehehe..emang lagi di cina lautan sih..). Tempat yang ke dua tuh (National Palace Museum) adalah museum..hehehe..museum nya tempat nyimpen benda-benda peninggalan dari beberapa dinasti di Cina(ada yang jaman 3 kerajaan juga loh), barang-barangnya banyak banget ada lukisan, kalographi(yang ga ngerti itu tulisan ato coret-coretan), ada keramik, ada batu giok(kayanya ini deh yg paling bagus), ada peta, ada furniture, dan lain-lain yang nilai sejarahnya pasti sangat berharga sekali.

Lusanya, hari minggu (12-10-2008), seharusnya ada halal-bihalal di KDEI cuma berhubung ada banyak tugas, dan malemnya ngerjain tugas ampe jam2..jadinya ya ga ikut, karena kesiangan…padahal itu adalah kesempatan yang sangat langka untuk menyicipi makanan2 Indonesia secara gratis…hehehe..tapi ya sudah lah..saya hanya bisa membayangkan lezatnya opor ayam…

photos credit to: Pa Harry

Iklan

Akhir pekan tanpa badai

Wah..akhirnya bisa merasakan akhir pekan tanpa badai pertama di Taiwan…

Dari pertama dateng disini,setiap akhir pekan pasti ada taifun, apalagi taifun minggu kemaren…wew..anginnya maknyos sekali…dari dorm saya ngeliat cewe taiwan yg lagi jalan ditengah badai sampe harus megang pohon pas ada angin gede…lucu juga ngeliatnya..cuma jadi dapet pelajaran beharga, yaitu klo ga mau terbang ketiup angin mending ga usah keluar kamar pas badai.

Badai tiap akhir pekan ini menyebabkan kita terkurung di dorm..membosankan..acara jalan-jalan dibatalkan..jadi ya hiburan selain internet adalah ngeliatin orang yg payungnya rusak ketiup angin, batang pohon tumbang, dan ngeliat cewe yg megang pohon pas ada angin gede.

Emang ada untungnya juga sih badai minggu kemaren, hari senen jadi ga ada kuliah, jadi ga ada tugas..hehehe..coba badainya hari biasa, pasti lebih menyenangkan.

Akhir pekan tanpa badai ini diawali dengan bermain bola bersama temen2 Indonesia lainnya, seharusnya kita hanya akan bermain bersama orang2 vietnam, namun ternyata ada salah komunikasi dengan mereka. Mereka mengira kita mengajak tanding mereka, jadinya ya pertandingan tim Indonesia melawan tim Vietnam..karena tim Indonesia memang tidak berniat untuk tanding, hanya berniat bermain saja, jadi Indonesia kalah 4-1 dari tim Vietnam.

Besok rencananya di daan park akan ada halal bi halal yang diadakan teman2 dari MTYT (Majelis Ta’lim Yasin Taipe) yang penceramahnya bapak KH Hasyim Muzadi. Yang secara mengejutkan saya dan mahasiswa muslim Indonesia yang baru diminta membantu acara ini sebagai panitia…jadi ya mau ga mau harus dateng ke acara itu…

Perbedaan Solat Idul Fitri di Taiwan

Ternyata ga hanya saya saja yang ngerasa aneh tentang solat idul fitri di taiwan milis mahasiswa islam indonesia taiwan pun ramai membicarakan hal ini. Ternyata perbedaan tidak hanya terjadi di masjid besar Taipe saja, ada beberapa perbedaan dibeberapa tempat:

  1. Di masjid besar Taipe: rakaat pertama 5x takbir sebelum al-fatihah dan rakaat kedua 5x takbir sebelum rukuk, salat dimulai jam 8.30 waktu taipe.
  2. Di masjid Chungli: rakaat pertama 3x takbir sebelum al-fatihah dan rakaat kedua 3x takbir sebelum rukuk
  3. Di masjid Tainan: solatnya juga ada sedikit perbedaan(cuma ga dikasih tau beda dimananya), salat dimulai jam 10.45 waktu setempat (alasannya jamaah sudah bangun jam segitu..hehehe..alasan yang aneh)
  4. Di Indonesia: rakaat pertama 7x takbir sebelum al-fatihah dan rakaat kedua 5x takbir sebelum al-fatihah

Namun belum ada yang bisa menjawab soal perbedaan solat idul fitri ini…mungkin ada yang bisa membantu memberikan sedikit pengertian tentang ini??

Mandarin Course Part 2

Sudah hampir 3 minggu belajar bahasa cina…belajar pinyin saja belum bener sudah ditambah dengan metode yang lain yaitu “po pho mo fo”. Cara pengucapannya sebenernya mirip dengan pinyin(cara pelafalan dengan menggunakan huruf alfabet) namun pada metode baru ini penulisannya bukan digunakan huruf alfabet, melainkan huruf cina..

contoh:

di metode “pinyin” di tulis: g

di metode “po pho mo fo” ditulis: ㄍ

di baca: ke

Ada beberapa kosakata baru yang berguna untuk membantu percakapan “tarzan” ato ketika ditanya dikelas:

  • wo bu dong (dibaca wo pu tong) : saya tidak mengerti
  • bu zhi dao (bener ga ya nulisnya??yang pasti bacanya pu ce ta): tidak tahu
  • mei you : tidak ada
  • zhe ge: ini
  • duoshao qian : berapa harganya

Berhubung masih sangat sedikit kosakata mandarin yang hapal, jadi untuk keperluan sehari-hari ya pake bahasa inggris..nah kalo dianya ga bisa bahasa inggris terpaksa pake bahasa “tarzan”..hehehe..mungkin selesai kuliah disini kemampuan bahasa “tarzan” saya bakal meningkat drastis..