Perbedaan Solat Idul Fitri di Taiwan

Ternyata ga hanya saya saja yang ngerasa aneh tentang solat idul fitri di taiwan milis mahasiswa islam indonesia taiwan pun ramai membicarakan hal ini. Ternyata perbedaan tidak hanya terjadi di masjid besar Taipe saja, ada beberapa perbedaan dibeberapa tempat:

  1. Di masjid besar Taipe: rakaat pertama 5x takbir sebelum al-fatihah dan rakaat kedua 5x takbir sebelum rukuk, salat dimulai jam 8.30 waktu taipe.
  2. Di masjid Chungli: rakaat pertama 3x takbir sebelum al-fatihah dan rakaat kedua 3x takbir sebelum rukuk
  3. Di masjid Tainan: solatnya juga ada sedikit perbedaan(cuma ga dikasih tau beda dimananya), salat dimulai jam 10.45 waktu setempat (alasannya jamaah sudah bangun jam segitu..hehehe..alasan yang aneh)
  4. Di Indonesia: rakaat pertama 7x takbir sebelum al-fatihah dan rakaat kedua 5x takbir sebelum al-fatihah

Namun belum ada yang bisa menjawab soal perbedaan solat idul fitri ini…mungkin ada yang bisa membantu memberikan sedikit pengertian tentang ini??

Iklan

6 tanggapan untuk “Perbedaan Solat Idul Fitri di Taiwan

  1. emang di semua indonesia 7x ama 5x semua?
    yakin?
    buat lebaran yang diatur pemerintah aja ada yang udah dari hari senin disini..hehe..

  2. nah itu saya sendiri kurang tau qi…mungkin uqi lebih tau??
    mungkin juga di Indonesia ada perbedaan, ada yang bisa ngasih info mungkin??
    kalo mengenai lebarannya kapan emang ada aja yang berbeda, diTaiwan pun ada perbedaan waktu lebarannya..ada yg selasa 30 sept 2008 ada juga yg rabu 1 okt 2008..

  3. kalo 7x tu bener2 cuma 7x..atau yang pertama ga diitung sih?
    soalnya kemaren gw solat di jawa jadinya kalo diitung semua takbirnya 8x ama 6x tu..
    ga tau yang bener yang mana..
    mungkin cici cici ama koko koko di sana yang muslim bisa ngasih inspirasi buat lo..
    hehe..

  4. gon, kalo yg 7x dan 5x tuh, takbir pertama ya diitung…khan takbir tuh allahu akbar, jadi takbiratul ikhram diitung juga..
    trus pas rakaat kedua, 5x, diitung dari takbir naik dari sujud…

    Di indonesia, Persis ma NU masih pake 7-5, tapi kalo Muhammadiyah terbagi 2, ada yang 7-5, ada juga yg cuma 1kali aja.
    Alsan yg cuma takbir 1x karena katanya hadist yang menyatakan takbir 7-5 tuh lemah..

    But well, karena banyak pendapat mengenai ini, jadi ini merupakan ijtihad. Kalo bener qta dpt pahala 2, kalo salah, qta dpt pahala 1. Yang penting,qta tau alasan golongan tertentu mengambil keputusan mereka, jangan asal ikut.

  5. oh gitu ya..baru tau gw di Indonesia ada yang kayak gitu, maklum muhammadiyah di daerah gw ga ada…
    nah cuma yang ini takbirnya 5x pas rakaat pertama ama 5x pas rakaat kedua sebelum rukuk..itu alasannya apa nov??tau ga, di Indonesia ada yg kaya gitu juga ga?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s